Jumat, 03 Januari 2014

Manajemen Pemasaran belajar apa sih?

Gue seorang siswi SMK di daerah Jakarta Timur nih, kebetulan jurusan Pemasaran. Nah mau sharing dikit nih tentang apa sih yang gue kerjain dan pelajarin di sekolah??
Oke langsung aja check this out!

Manajemen Pemasaran:

1. Belajar untuk memahami konsep dan praktek pemasaran mulai dari apa itu pemasaran.

Konsep Pemasaran terdiri dari:
- Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
- Produk
- Nilai, Biaya dan Kepuasan
- Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
- Pasar
- Pemasaran dan Pemasar

Dari konsep inti ini, dipelajari juga lima konsep pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan kegiatan pemasarannya:
- Konsep Pemasaran Berwawasan Produksi
- Konsep Pemasaran Berwawasan Produk
- Konsep Pemasaran Berwawasan Menjual
- Konsep Pemasaran Berwawasan Pemasaran
- Konsep Pemasaran Berwawasan Bermasyarakat

2. Belajar marketing mix yaitu lebih dikenal dengan 4P (Product, Price, Promotion & Place), yaitu mempelajari bagai mana cara untuk memahami cara memasarkan suatu produk lewat pengenalan produk, menentukan harga yang bersaing, menggunakan media promosi yang tepat dan menentukan lokasi yang strategis sehingga bisa memuaskan konsumen/pelanggan.

3. Belajar mengenai analisa SWOT - Strength, Weakness, Opportunity, Threat, yaitu mempelajari situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari program atau organisasi di masa kini dan masa yang akan datang.

4. Mempelajari strategi pemasaran yang adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah:
- Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
- Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080529062359AAqeVKY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar